Ruang Iklan Banner
Scroll untuk melanjutkan membaca
Resolusi 2023 : Menjadi Lebih Baik?
Ruang Iklan

Resolusi 2023 : Menjadi Lebih Baik?

Resolusiku di Tahun 2023

Tentu saja setiap orang menginginkan dirinya menjadi lebih baik, dan menjelang tahun 2023 ini saya akan membuat tulisan tentang harapan dan resolusi yang akan dicapai di tahun depan.

Saya menantang diri sendiri untuk melakukan hal hal yang menjadikan peribadi ini lebih berkembang dan tidak stuck di situ situ saja.

Ada beberapa hal produktif yang rencananya akan saya lakukan dalam mengisi hari-hari di tahun 2023 nanti. Dan saya harap semuanya bisa tercapai.

Sekali lagi, ini hanya sebuah rencana, tercapai atau tidak saya serahkan kepada Allah yang telah menentukan takdir setiap manusia.

1. Update Satu Artikel Setiap Hari

Jujur saja ini adalah tantangan yang sangat berat. Saya akan menulis di blog ini satu postingan setiap harinya dengan pembahasan apa pun, yang jelas blog ini aktif menulis setiap hari.

Kenapa saya bilang menulis satu postingan setiap hari itu berat, karena saya juga mengelolah blog lain yang fokus untuk mencari penghasilan. Jadi bisa di bilang saya menulis dua artikel dalam satu hari jika blog imansani.com ini juga aktif menulis.

Tapi saya tidak mau terlalu terbebani dengan hal itu, saya cukup mengisi blog ini dengan cerita kehidupan sehari hari tanpa perlu merancang konsep atau struktur penulisan artikel seperti pada blog saya yang satunya.

Menulis sepertinya akan menjadi hal utama dari kegiatan produktif harian yang saya lakukan setiap hari di tahun 2023, dan saya harap dengan menulis setiap hari bisa meningkatkan skill menulis dan memaksa diri untuk tidak membuang waktu hanya untuk bermalas - malasan.

2. Bijak Dalam Menentukan Prioritas

Selama menjalani hidup di tahun 2022, saya merasa terlalu banyak membuang waktu hanya dengan melakukan hal - hal yang tidak produktif. Lebih mengutamakan hiburan dibandingkan menambah kemampuan diri dengan mengasah skill - skill yang sudah lama tidak dilakukan.

Terkadang sebelum tidur saya sudah merancang kegiatan produktif apa yang akan saya lakukan esok harinya, tapi siapa sangka jika rasa malas lebih dominan dibandingkan keinginan untuk melakukan hal yang bermanfaat.

Ada 2 hal yang selalu menghancurkan rencana yang saya buat hari sebelumnya, yaitu Nonton dan Tidur. Yah nonton adalah kebiasaan utama yang perlu diubah utamanya saat sedang makan. Bisa dibilang saat makan saya selalu duduk di depan layar sambil menonton entah itu serial drama, film box office, ataupun Anime jepang.

Itu sepertinya sudah menjadi candu dan kebiasaan yang menurut saya paling buruk, setelah saya meninggalkan kebiasaan bermain game sejak 2021. Untungnya kebiasaan nonton tanpa sadar waktu ini tidak dibarengi dengan kegiatan bermain game.

Tidur adalah kebiasaan buruk selanjutnya. Semenjak mengonsumsi obat dari dokter sejak awal tahun 2022, efeknya buat saya sering ngantuk. Sebenarnya ini bukan kebiasaan, namun karena efek ngantuk ini baru terasa satu tahun belakangan.

Ini bukan ngantuk seperti yang orang lain alami pada umumnya, kalau ngantuk biasa mungkin masih bisa ditahan, tapi ngantuk dari efek obat ini tidak bisa saya lawan, seketika kepala menyentuh bantal, saya langsung tertidur.

Buruknya efek ngantuknya selalu muncul di waktu produktif, di saat saya sedang berada di depan laptop. Ini salah satu sebab mengapa saya jarang menulis di blog ini. Jangankan di blog ini, bahkan blog yang menjadi sumber penghasilan saya juga terbengkalai.

Nah saya harap di tahun 2023 saya lebih bisa mengontrol diri dan mempu menentukan kegiatan mana yang harus diprioritaskan.

3. Rutin Olahraga Ringan

Semenjak sakit di tahun 2018 sampai sekarang saya tidak bisa konsisten berolahraga, bukan karena rasa malas atau tidak ada waktu luang tapi karen semenjak sakit, fisik saya tidak sekuat waktu sebelum sakit. Oh iya, cerita tentang penyakit saya akan saya posting di tanggal 1 Januari 2023 dengan judul kilas balik 2022.

Beberapa tahun belakangan saya hanya bisa beraktifitas kecil di dalam rumah. Kalaupun berolahraga hanya bisa melakukan hal hal ringan yang tidak menguras tenaga. Jangankan angkat galon, angkat tabung gas 3 KG sudah buat saya sesak nafas.

Syukur alhamdulillah beberapa bulan terakhir kondisi fisik mulai membaik, sudah mulai bisa beraktifitas banyak dan bisa kembali berinteraksi dengan orang - orang sekitar. Sungguh hal yang sangat patut disyukuri.

Di tahun 2023, Insya Allah saya akan mulai mencoba melatih fisik sedikit demi sedikit agar otot - otot ini mulai terbiasa beraktifitas. Entah saya akan mulai dengan olahraga macam apa, jika memungkinkan, aktifitas olahraga akan saya update juga di blog ini.

4. Ubah Ragu Jadi Yakin

Hal yang selalu membuat diri kita gagal adalah keraguan. Saya tipe orang yang selalu berpikir 50:50 atau selalu memposisikan diri pada kondisi abu - abu. Antara iya dan tidak, atau benar dan salah.

Saya selalu merasa ragu melangkah, namun enggan mundur. Takut memulai, namun takut juga tertinggal. Ada banyak ketakutan di kepala ini hingga pada akhirnya saya berpikir untuk tidak melakukan apa - apa. Lebih buruk bukan?

Sejauh pengalaman saya, bahwa ragu dalam mengambil keputusan adalah kunci kegagalan, dan ini sudah terbukti dalam kehidupan saya. Maka dari itu, ragu harus di ubah menjadi yakin selama apa yang ingin dilakukan adalah hal yang positif dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Saya pernah dengar kata "Mulai aja dulu". Dan ini harus saya terapkan ke dalam kehidupan sehari - hari. Harus!. Jika tidak, saya tidak akan berkembang.

5. Perbanyak Aktifitas di Luar Rumah

Sejak 4 tahun belakangan saya hanya bisa beraktifitas di dalam rumah dan sekitar rumah saja karena takut kondisi kesehatan memburuk saat sedang diluar rumah. Banyak hal yang tidak bisa saya lakukan saat itu. Terkurung dirumah menjadi rutinitas sehari hari.

Nah, ketika Allah memberikan saya kesempatan untuk merasakan nikmat tubuh yang sehat, bukankah kesempatan ini tidak boleh disia - siakan?. Sudah saatnya saya menikmati keindahan ciptaan Allah dengan melakukan aktifitas bermanfaat diluar rumah.

Liburan pun adalah aktifitas yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Jadi hal yang baiknya saya lakukan kedepannya adalah memperbanyak aktifitas diluar rumah.


Gak usah muluk muluk, dengan 5 tantangan ini saja saya butuh perjuangan yang besar. Eh bukan 5 kegiatan produktif, tapi cuma 3, karena dua di antaranya adalah perbaikan perilaku.

Gak masalah, yang jelas dengan melakukan hal ini, setidaknya bisa menjadikan pribadi ini lebih bermanfaat dan produktif.

Bagaimana dengan kalian? apa resolusimu di tahun depan?

A. Abdul Mustahab ツ
A. Abdul Mustahab ツ
Senang dengan perkembangan teknologi. Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.
Lompu, Sinjai Utara
Belum Ada Komentar
300 x 600
Side Column Ads (Left)
300 x 600
Side Column Ads (Right)